Wednesday, July 9, 2008

Kabaena Diusulkan Jadi Kabupaten

Rumbia, Kqpres- Perjuangan sebagian besar warga Kabaena untuk menjadikan daerah ini sebagai sebuah daerah tingkat dua yang otonom nampaknya semakin giat dilakukan.
Ide pemekaran Kabupaten Kabaena ini digagas oleh tim tujuh yang merupakan warga Kabaena, diantaranya Drs H Zainuddin Tahyas SE MS, Adi Marno, Abd Majid, Amsir, Kasman, Abd Rahman AH dan Muh Arham.

Dikatakan Adi Manto, saat ini upaya yang telah dilakukan untuk pemekaran kabupaten Kabaena diantaranya pihaknya sudah mengirimkan laporan usulan tersebut di tingkat pusat kemudian ke Gubernur Sultra termasuk Bupati Bombana yang dinilai memberikan dukungan besar terhadap pembentukan Kabupaten Kabaena ini.

"Pemda Bombana sangat merespon usulan dan gagasan kami ini. Bahkan Bupati sarankan agar pulau Kabaena dijadikan sebagai perdagangan bebas intemasional sehingga bisa sejajar dengan Batam, Bintang serta Kangeang. Sekarang proposal untuk daerah perdagangan intemasional masih sementara kami kerjakan," katanya.

Kemudian pada 2010 mendatang, Kabaena diharapkan sudah menjadi sebuah daerah otonom. Terlebih-lebih lagi, pulau Kabaena merupakan salah satu lokasi yang memiliki potensi tambang yang membanggakan diantaranya nikel, marmer, minyak tanah, emas, timah putih yang dinilai sebagai aset PAD bagi daerah ini.

Sedangkan untuk jumlah penduduk dianggap sudah memenuhi syarat untuk menjadi sebuah kabupaten. Karena data 2006 lalu, penduduk Kabaena mencapai 24 ribu jiwa dan jumlah ini dipastikan akan bertembah. Kemudian saa ini di pulau Kabaena sudah terdapat enam kecamatan dan nantinya diperkirakan akan bertambah satu kecamatan yakni Talaga Raya.

Bahkan dikatakan, saat ini pihaknya sudah mendapatkan dukungan dari tokoh di Talaga Raya. Selanjutnya untuk jumlah desa di pulau Kabaena mencapai 28 plus 5 kelurahan.
Dalam proposal usulan pembentukan Kabupaten Kabaena ini, sama sekali tidak ada tendensi politik karena menurutnya hal ini memang berdasarkan aspirasi dan keinginan sebagian besar warga pulau Kabena.

"Di dalarn usulan proposal atau maklumat tim tujuh pembentukan kabupaten Kabaena, tidak ada yang kami jadikan ketua ataupun anggota karena ide dan niat tim tujuh memang berdasarkan hati nurani," ujarnya. CR3/B/DUL

No comments:

PT.Pertamina (Persero) , Indonesia - Corporate Website - Warta Pertamina